Warga DKI Jakarta Siaga Air Kiriman Selasa Dini Hari

Warga DKI Jakarta Siaga Air Kiriman Selasa Dini Hari

JAKARTA- Warga DKI Jakarta yang bermukiman di bantaran sungai Ciliwung sudah siap menerima banjir kiriman dari Bendung Katulampa, Bogor akibat hujan deras yang mengguyur wilayah puncak dan sekitarnya, Senin (21/9/2020).

Sakun, salah seorang Warga RT 11 RW 01 Kelurahan Pangadekan, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan menyatakan sudah menerima pemberitahuan akan datangnya banjir kiriman.

“Tadi sore terima info dari kelurahan Pangadekan melalui WhatsApp RT” ujar Sakun, Senin malam (21/9/2020).

Menurut Sakun, rumahnya di bantaran Sungai Ciliwung, rutin terendam air  luapan sungai Ciliwung setiap musim penghujan. Meski kerap dilanda banjir, Ia mengaku nyaman tinggal di bantaran sungai Ciliwung.

"Nyaman aja di sini, tidak ada maling, juga tidak ada tawuran. Kalau banjir ya resiko di pinggir sungai," katanya.

Warga  Kelurahan Pengadegan, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan yang terdampak baniir saat musim penghujan biasanya mengungsi di beberapa lokasi diantaranya GOR Kecamatan Pancoran dan SDN 03 Pengadegan.

“ Ya mudah-mudahan musim penghujan nanti tdiak terlalu besar lah banjirnya, cepat surut sehingga aktivitas warga ga terganggu” harap pria yang bekerja sebagai security.

Sebelumnya, Kepala Pengawasa Bendung Katulampa Andi Sudirman mengatakan aliran Sungai Ciliwung dalam status siaga 1 dengan ketinggian muka air (TMA) 250 sentimeter. Jumlah debit air 630.000 meter kubik/detik itu akan terbawa hingga Jakarta sekitar 8-10 jam ke depan.

“Prediksi Sekitar pukul 02.00 WIB air sampai sungai Ciliwung di Jakarta”.kata Andi, Senin malam (21/9/2020).(hy)