PSBB Total, KCI Batasi Penumpang KRL Hanya 74 Orang Tiap Kereta

PSBB Total, KCI Batasi Penumpang KRL Hanya 74 Orang Tiap Kereta

JAKARTA—Moda transportasi Kereta Rel Listrik (KRL) akan tetap beroperasi pada saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Total di Jakarta, Senin, (14/09/2020). Namun, jumlah penumpang dibatasi. 

VP Corporate Communications PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI), Anne Purba mengatakan, dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 di transportasi publik, PT. KCI membatasi penumpang sekitar 45 persen dari kapasitas kereta.

”Sesuai aturan PSBB kapasitas pengguna hanya 50 persen, namun KCI akan membatasi tiap kereta hanya dapat diisi 74 orang atau 45 persen”. kata Anne, di Jakarta, Sabtu (12/9/2020).

Menurut Anne, untuk jam operasional kereta sama dengan saat Jakarta menerapkan PSBB transisi pukul 04.00 hingga 21.00 WIB. Namun, akan dievaluasi kembali dengan mempertimbangkan kondisi penumpang KRL. Sebelum pandemi Covid-19, KRL beroperasi pukul 04:00 hingga 24:00 WIB.

Anne menambahkan, dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19, di stasiun dan kereta ada pembatasan atau jaga jarak penumpang. Selain itu, untuk mengoptimalkan sirkulasi dan ventilasi udara di dalam kereta, maka jendela KRL di ujung-ujung tiap kereta akan dibuka saat kereta beroperasi di jam sibuk. Pintu KRL sisi kanan maupun kiri juga akan dibuka seluruhnya ketika tiba di stasiun akhir.

“Penyekatan di zona antrean penumpang di stasiun tetap dilakukan untuk pembatasan penumpang dan mereka wajib menggunakan masker.”ujar Anne. (hy)