Pengusaha Sayangkan Sikap Pemerintah Tidak Kompak Terapkan PSBB Jakarta

Pengusaha Sayangkan Sikap Pemerintah Tidak Kompak Terapkan PSBB Jakarta

JAKARTA--Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (DPD HIPPI) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang, menyayangkan sikap pemerintah yang tidak kompak menyikapi kebijakan pemberlakukan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diumumkan Gubernur Provinsi DKI Jakart, Anies Baswedan.

Hal itu tercermin dari respons sejumlah menteri yang tidak setuju dengan pemberlakuan kembali PSBB di DKI Jakarta yang berlaku mulai Senin (14/9/2020).

Menurutnya, beberapa menteri yang terkesan tidak setuju dan menolak pemberlakuan kembali PSBB tersebut menggambarkan bahwa ego sektoral masih sangat menonjol dalam lingkungan birokrasi.

"Padahal keputusan tersebut sesuai dengan arahan Presiden yang harus mengutamakan kesehatan dan keselamatan masyarakat," katanya Senin (14/9/2020).

Sarman menyarankan agar dalam situasi seperti ini pemerintah harus kompak sehingga tidak mempertontonkan ketidak kompakan yang membuat masyarakat bingung. 

Secara umum, ia mengatakan dunia usaha berat menjalani kebijakan tersebut karena menghentikan dan mengurangi aktivitas ekonomi. Namun, ia menuturkan pelaku usaha tetap akan menerima pemberlakuan kembali PSBB untuk menekan laju penularan covid-19 di ibu kota.

“Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 kuncinya adalah kebersamaan dari semua elemen masyarakat termasuk pelaku usaha”ujar Sarman.(hy)