Pekerja, Alhamdulilah BLT BPJS Cair Buat Bantu Kebutuhan Sehari-Hari

Pekerja, Alhamdulilah BLT BPJS Cair Buat Bantu Kebutuhan Sehari-Hari

JAKARTA--Selama pandemi Covid-19 banyak perusahaan terdampak sehingga upah pekerja dipotong karena cash flow perusahaan terganggu. Namun, adanya bantuan langsung tunai (BLT) bagi pekerja pemegang kartu BPJS Ketenagakerjaan sebesar Rp600.000 disambut gembira pekerja di Jakarta.

Muhammad Nur Arifin, salah seorang karyawan yang akrab disapa Arif menyatakan adanya BLT sangat membantu pekerja khususnya mereka yang sudah berkeluarga.

”Alhamdulilah, untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari- hari seperti uang operasional. Maklum, biaya untuk kerja juga kian mahal di tengah pandemi Covid-19”. ujar Arif, Selasa ( 1/9/2020).

Warga Bekasi ini mengaku bekerja di Indomaret hampir 3 tahun. Sebelum di Jalan Gading Raya, Pondok Bambu, Ia ditempatkan di kawasan Cipinang, Jakarta Timur.

Tak hanya Arif, sejumlah pekerja di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur menyambut suka cita cairnya BLT BPJS Ketenagakerjaan. Seperti dikemukakan Sutisna yang selama ini merasakan dampak pandemi Covid-19.

”Sangat membantu buat keperluan keluarga. Soalnya upah juga kena potong karena jam kerja ga maksimal selama virus corana” ucap Sutisna.

Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk pekerja pemegang kartu BPJS Ketenagakerjaan sudah secara resmi dicairkan oleh pemerintah Kamis (27/8/2020). BLT langsung ditransfer ke rekening pekerja.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah mengatakan Pemerintah memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp600 ribu per bulan selama empat bulan dengan total sebesar Rp 2,4 juta untuk 15,7 juta pekerja bergaji di bawah Rp5 juta. 

”BLT diberikan untuk membantu pekerja kelas tersebut menghadapi tekanan ekonomi yang diakibatkan oleh virus corona”. ucap Ida dalam konferensi pers di kantornya, Senin (24/8/2020).

Selain itu, BLT juga digelontorkan untuk mengangkat ekonomi dalam negeri yang minus 5,32 persen pada kuartal II 2020 (hy)