Paripurna DPRD Wujudkan Pangandaran Hebat, Produktif, Demokratis dan Sehat

Paripurna DPRD Wujudkan Pangandaran Hebat, Produktif, Demokratis dan Sehat

PANGANDARAN JAWA BARAT - Rapat paripurna hari jadi kabupaten Pangandaran yang ke 8 tahun, bersatu Wujudkan Pangandaran yang produktif, demokratis dan sehat. 

Dani Ramdani, sebagai pjs bupati Pangandaran berkata, laju pembangunan di kabupaten Pangandaran terus bergerak ke arah yang lebih baik, semua ini tumbuh dalam pertumbuhan ekonomi yang terus positif.

Berdasarkan data yang kami terima, tercatat bahwa laju pertumbuhan ekonomi mengalami kenaikan, di tahun 2018 dari pisisisi angka 5,41%, dan di tahun 2019 naik menjadi 5,96%.

Indek pembangunan manusia dari tahun ke tahun pun terus mengalami peningkatan, tahun 2018 capaiannya 67,44%, dan di tahun 2019 naik menjadi 68,21%.

Demikian juga untuk penduduk miskin Pangandaran, dari tahun ke tahun yang terus menurun, di tahun 2017 pada posisi 10,10%, turun menjadi 8,12%, pada tahun 2018 dan tahun 2019, turun menjadi 7,7%, "ujar Dani, Minggu 25/10/2020.

Untuk memberikan kemudahan akses mobilisasi barang dan orang, jalan dan jembatan terus diperbaiki hingga ke  peloksok desa, akselerasi ini tentunya dilakukan untuk membangun  konektifitas antar daerah.,kecamatan dan kabupaten.

Pada tahun 2019 jalan kabupaten yang dalam kondisi mantap sekitar 83,38% atau sepanjang 420 km, berupa jalan Hotmix dan jalan rigid beton.

Pelayanan kesehatan terus ditingkatkan, pengobatan dasar gratis, kesehatan terus berlanjut, dan rumah sakit telah melayani masyarakat pangandaran.

Ini semua adalah upaya kita dalam rangka meningkatkan kwalitas hidup masyarakat, agar kita menjadi manusia yang unggul, sehat, kuat dan cerdas untuk Pangandaran hebat, "ungkap Dani.

Menurutnya, pemerintahan kabupaten Pangandaran telah membuat program Pangandaran hebat, yang mana ini adalah  merupakan perhatian pemerintah dalam meletakan pondasi kokoh, agar anak dan generasi penerus dapat peroleh akses dan kwalitas pendidikan yang lebih luas.

Pada program Pangandaran Hebat, mulai dari SD, SMP dan SMA, biaya pendidikannya gratis, bagi siswa yang melanjutkan sekolah ke STITNUL Al Farabi dan kuliah ke PSDKU UNPAD pangandaran, untuk biaya kuliah setengahnya dibayar pemkab pangandaan.

Juga pembiayaan di bidang pendidikan karakter, dengan AMS-nya, yaitu Ajengan Masuk Sekolah, Pangandaran mengaji, Pramuka dan pendidikan kesenian, politeknik kelautan dan perikanan Pangandaran.

Ini semua adalah bentuk perhatian nyata pemerintah dalam rangka meletakan pondasi kokoh agar anak dan generasi penerus dapat memperoleh akses dan kwalitas pendidikan yang lebih luas dan baik.

Di bidang parawisata, sebagai stake holder unggulan, parawisata Pangandaran terus dikembangkan, berbagai perencanaan dan pembangunan terus dikerjakan.

Salah satunya pembangunan jalan wisata lintas selatan, dimulai dari palatar agung karapyak, putrapinggan kebon carik, Pangandaran, Cikembulan, karangtirta sukaresik, batuhiu, Bojongsalawe, batukaras dan Madasari Cimerak.

Ini adalah sebagai akses wisata terintegrasi yang  menjadi satu jalur, dan jalan yang sedang dibangun tersebut merupakan jalur pesisir, dengan potensi wisata cantik nan indah yang memiliki daya tarik tersendiri.

Berbagai penghargaan pun telah diraih kabupaten Pangandaran, semenjak taun 2017, secara berturut turut empat kali telah mendapat penghargaan sebagai, pengelola dan penataan keuangan dengan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK RI.

Juga penghargaan Swasti Saba Padapa, dari kementrian kesehatan dengan peringkat terbaik kedua, katagori dokumen perencanaan kabupaten terbaik dari gubernur Jawa barat.

Juga, dapat prestasi tinggi atas laporan penyelenggaraan pemerintah daerah berdasarkan LPPD tahun 2018 dari gubernur Jawa barat dan dari yang lain sebagainnya.

Penghargaan dan penghargaan tersebut, menunjukan bahwa, kabupaten Pangandaran memiliki daya saing dan mampu berdiri sejajar dengan kota dan kabupaten lain yang lebih tua usianya, " kata Dani. (Anton AS)