Jakarta PSBB Lagi, Penjual BBM Eceran, Omzet Berkurang, Kontrak Rumah Belum Bayar

Jakarta PSBB Lagi, Penjual BBM Eceran, Omzet Berkurang, Kontrak Rumah Belum Bayar

JAKARTA—Sebelum pandemi Covid-19 melanda Jakarta, omzet (pendapatan) penjual Bahan Bakar Minyak ( BBM ) eceran di Ibukota cukup lumayan. Namun setelah pandemi Covid-19 melanda dan dilanjutkan Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada 10 April lalu hingga kini, omzet berkurang.

Aska, penjual BBM eceran di Jalan Gading Raya, Pondok Bambu, Jakarta Timur, mengatakan sebelum pandemi Covid-19, pembeli ramai dikiosnya sejak pagi ketika mau ngantar anak sekolah dan karyawan mau ke kantor.

”Jam 5.30 Wib udah ada pemotor yang beli premium dan pertamax karena nganter anak sekolah dan yang mau ke kantor”. ujar Aska, Rabu(16/9/2020).

Menurutnya, sebelum virus corona melanda Jakarta setiap hari bisa habis 4 jerigen masing – masing berisi 25 liter premium dan pertamax, terjual 100 liter. Namun saat ini hanya 2 jerigen karena kurang pembelinya.  

“Sekarang buka dari Jam 6.00 Wib baru ada pembeli jam 7.00 Wib dan Jam 8.00 Wib itupun hanya 2 pemotor, sampe saya ngantuk nunggu pembeli datang. Sekarang kan sekolah masih libur, pekerja juga dibatasi  termasuk para PNS”. ucap Aska.

Warga asli Brebes, Jawa Tengah ini mengaku kontrak rumah petakan seharga Rp.600.000,- per bulan. Begitu juga tempat usahanya kontrak Rp. 1.000.000,- per bulan. Sedangkan, modal usaha per hari sekitar Rp. 1.000.000,-

”Dari 2 jerigen BBM yang terjual dapat kelebihan sekitar Rp.100.000,- buat makan juga sehari-hari, belum buat bayar kontrak rumah ga bisa bulan ini” katanya.

Seperti diketahui, PSBB Jakarta diterapkan sejak Senin (14/9/2020) dengan pengecualian 11 sektor aktivitas. Ini merupakan PSBB kali pertama setelah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan PSBB transisi sejak 5 Juni lalu. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menuturkan keputusan PSBB ini diambil setelah melihat perkembangan kasus Covid-19 di Jakarta dan fasilitas rumah sakit yang sudah dianggap darurat.(hy)