Gatot Nurmantyo Bersama Veteran Dihadang Dandim di TMP Kalibata, Jakarta Selatan

Gatot Nurmantyo Bersama Veteran Dihadang Dandim di TMP Kalibata, Jakarta Selatan

JAKARTA--Jenderal (purn) Gatot Nurmantyo bersama para veteran ziarah makam para pahlawan di Taman Makam Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (30/9/2020). Acara tabur bunga yang diselenggarakan oleh massa Purnawirawan Pengawal Kedaulatan Negara (PPKN) ini sempat diwarnai kericuhan.

Kericuhan bermula ketika sekelompok orang yang mengatasnamakan mahasiswa datang ke TMP Kalibata menolak aksi tabur bunga Gatot Nurmantyo cs yang disebut sebagai aksi mengenang pemberontakan G30S/PKI.

Namun, mereka yang memprotes kedatangan Gatot itu langsung bubar saat didatangi oleh sejumlah ormas yang turut serta dalam kegiatan tabur bunga Pahlawan Revolusi bersama para purnawirawan TNI. Massa yang menolak aksi tersebut sempat dikejar oleh massa purnawirawan. Kaca angkot juga tampak pecah akibat kericuhan ini.

Tak hanya diwarnai pendemo, kedatangan Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo bersama para Purnawirawan sempat bersitegang dengan Dandim Jakarta Selatan, Kolonel inf Ucu Yustia saat akan tabur bunga ke area makam  

“Ini makam pahlawan ya. Anda punya Sapta Marga, sumpah prajurit. Anda bertanggungjawab kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa kami purnawirawan akan menghormati para pahlawan yang jadi korban G30S/PKI," kata Gatot.  

Sementara itu, Dandim Jakarta Selatan, Kolonel inf Ucu Yustia menyatakan hanya melaksanakan tugas sesuai dengan protokol kesehatan dan tidak ada maksud untuk melarang Jenderal (Purn) Gatot bersama para purnawirawan yang mau berziarah dan tabur bunga ke makam pahlawan.

Gatot pun menghormati para prajurit TNI yang sedang melaksanakan tugasnya sehingga ia diperbolehkan masuk  untuk tabur bunga dengan mematuhi protokol kesehatan, per kelompok hanya 30 orang.(hy)